REVIEW
YAMAHA MT-25, NAKED SPORT BIKE
ENTRY LEVEL TERBAIK DI KELASNYA!!
Assalamualaikum,
welcome to mekel’s blog, kali ini saya ingin mereview kendaraan yang
sehari-hari saya pakai. Yups, that’s right, yaitu Yamaha MT-25. Buat kalian
para pecinta motor sports, Yamaha memang termasuk salah satu pabrikan yang
“sedikit” terlambat membuat sports bike di entry level nya (kelas 300cc di
beberapa negara, di Indonesia 250cc) di bandingkan tetangganya yaitu Kawasaki
dengan Ninja 250 dan Z250 nya yang telah hadir menghiasi jalanan Indonesia
sejak tahun 2008 an but it’s better late than never, akhirnya Yamaha pun
merilis sport bike 250 nya di Indonesia di awal tahun 2015 an.
Yamaha
langsung merilis dua varian sekaligus di kelas sports bike 250 cc nya yaitu
yamaha R25 di segmen sport dan MT 25 di segmen naked bike nya. Apa sih yang
spesial dari motor ini? Seperti apa desainnya? Bagaimana peformanya? Segarang
apakah mesin nya? Mari kita kupas lebih lanjut.
Dari
segi desain, Yamaha MT 25 ini udah
cukup garang menurut saya, ia mendapat ciri khas dari MT series yaitu adanya
air shroud di samping tangki, desain lampu depan yang cukup ciamik, dengan
memadukan led light dengan lampu biasa, serta speedometer yang sudah digital
namun masih manual untuk rpm meter. Kalo menurut saya, buntut serta lampu
belakang MT 25 ini semok abis dude! Hehe namun pemilihan material yang
mayoritas dari plastik (bahkan tangki besinya di cover oleh bahan plastik)
menurut saya jadi kurang menimbulkan kesan mewah dari motor ini, dan desain
lampu depan yang menurut saya seharusnya Yamaha dapat menghadirkan desain yang
lebih baik lagi dari ini.
Dari segi peforma, sejauh yang sudah pernah saya coba
hasilnya cukup memuaskan. Raungan mesin 250 cc 2 silinder segaris sanggup di
gas pol sampai 130km/h di flyover surapati pada saat tengah malam, namun
beberapa refernsi lain mengatakan bahwa jika kondisi jalan memungkinkan, motor
ini sanggup menembus hingga 170km/h! Wow!! Perpindahan giginya pun saya rasa
cukup bagus, jauh leboh smooth feel nya ketimbang kompetitornya Kawasaki Z250
dan Suzuki Inazuma. Torsinya pun sudah terasa di 4000 RPM dan terasa cukup
padat sehingga memudahkan untuk terus di gas hingga 6000 RPM bahkan hingga
redline.
Dari segi Handling dan Kenyamanan nya, saya di buat
terpukau tentang posisi stang nya, sangat amat tidak pegal karena posisi badan
tegak dan stang terasa pas di tangan tidak terlalu lebar. Kestabilan suspensi
dan sasisnya pun sangat bagus, ayunannya empuk namun tidak mengayun di
kecepatan tinggi, sehingga ketika melewati jalan jelek terasa nyaman, namun
tidak berbahaya ketika sedang di bawa kencang. Dari sisi ban juga cukup
mumpuni, dengan ban IRC tipe Road Winner, bikin pede ketika sedng memacu gas
dan menikung karena grip nya pada jalan yang bikin saya jadi percaya diri. Bobotnya
yang ringan serta ramping dan di dukung sasis dengan geometri yang baik
memudahkan pengendara untuk melibas dan meliuk-liuk di kepadatan jalan raya.
Dari segi konsumsi BBM yaa namanya jiga kelas 250cc,
jadi tidak bisa berharap sangat irit ya. Dari tes dan pengamatan yang saya
lakukan, konsumsi bbm nya cukup irit yaitu 1:24, sedikit lebih irit ketimbang
Kawasaki Z 250 yang kata teman saya jatuh di angka 1:21.
Dari segi harga, menurut saya MT 25 adalah the best
bike at the best price.motor ini di banderol OTR 46 juta rupiah, jauh leboh
murah ketimbang pesaing nya, saya rasa ini adalah strategi marketing yang cukup
jitu dari Yamaha sendiri karena mampu mendobrak harga pasar sports bike 250cc
di Indonesia.
Kesimpulannya, dari segi handling, fitur, kenyamanan,
dan peformanya motor ini menurut saya adalah sports bike entry level terbaik di
kelasnya. Akselerasi dan power yang sangat baik, desain yang ramping dan
ergonomis menyatu sempurna dengan racikan sasis yang pas sehingga dapat di bawa
selap selip di padatnya jalanan kota besar, kekurangannya menurut saya adalah terletak
pada material plastik nya yang tidak menimbulkan kesan mewah. Namun karena
pemilihan material plastik itu yang menyebabkan bobot motor ini menjadi paling
ringan di kelasnya.
So, Yamaha MT 25 menurut saya adalah street fighter
yang sangat bagus dengan mengesampingkan pemilihan material, di tambah dengan
konsumsi BBM yang cukup irit sehingga cocok untuk di jadikan kendaraan
sehari-hari. Tertarik untuk meminang Yamaha MT 25?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar